Monday, 03 June 2024 10:04

Dekan FTIK UIN Gus Dur Menjadi Narasumber Seminar Dan Simposium Di Himpunan Mahasiswa Indonesia Universitas al Azhar Kairo Mesir

Written by

Mesir – Tebuireng Centre (Tc) di Kairo Mesir selaku Evant Organizing (EO) mengadakan Seminar dan simposium ini dalam rangka peringatan Dies Natalis Atau Milad Tebuireng Centre Himpunan Mahasiswa Indonesia di Universitas al Azhar Kairo Mesir pada hari selasa tanggal 30 April 2024. Adapun pembicara dalam acara ini adalah Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Gus Dur Prof. Dr. H. Moh. Sugeng Solehuddin, M.Ag. dan kandidat doktor al Azhar University Kairo Mesir, Maramitha Elfani, Lc., M.A.

Acara yang dikemas dalam bentuk Talk show ini dihadiri oleh sekitar 250 mahasiswa yang berasal dari berbagai propinsi Indonesia yang kuliah di Universitas al Azhar  Kairo Mesir dan mahasiswa Indonesia yang kuliah di Al Azhar University Kairo Mesir dari berbagai fakultas dan program studi strata satu.

Prof. Dr. H. Moch. Sugeng Solehuddin, M.Ag. menyampaikan materi tentang Peran Laki-Laki dalam Gerakan Feminisme Menurut Perspektif K.H. Hasyim Asy’ari. dan Fenomena Kekerasan Seksual Di Lingkungan Pendidikan.

“Saya mengutip pandangan K.H. Hasyim Asy’ari tentang Peran Laki-Laki dalam Feminisme  bahwa Perempuan adalah makhluk yang berhak menerima hak-haknya sebagaimana laki-laki, namun tidak meninggalkan kodrat serta budaya dimana ia berada.”Ungkap Prof. Sugeng.

Selain itu Prof. Sugeng juga mengangkat tema tentang Fenomena Kekerasan Seksual Di Lingkungan Pendidikan. Institusi dan pimpinan yang baik, berkah, dan berhasil adalah institusi dan pimpinan yang berhasil menyelesaikan kasus kekerasan di lingkungan kerjanya dengan perspektif yang berpihak pada korban.Menutupi kasus kekerasan dengan alasan menjaga nama baik justru merupakan bentuk kegagalan Institusi dan Pimpinan dalam menjalankan tanggung jawabnya”. Tutup Prof. Sugeng.

Penulis : Nur Iskandar

Last modified on Tuesday, 11 June 2024 09:38