Monday, 03 June 2024 09:51

FTIK UIN Gus Dur Bangunkan Kembali MOU Dengan Universitas Canal Suez Ismailiyah Mesir

Written by

Mesir – Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid (UIN Gus Dur) Pekalongan melakukan penjajakan kerja sama internasional dengan Universitas Canal Suez Ismailiyah Mesir Pada hari Selasa Rabu 1 Mei 2024. Delegasi FTIK UIN Gus Dur yang mengikuti kegiatan tersebut adalah Dekan FTIK UIN Gus Prof. Dr. H. Moch. Sugeng Solehuddin, M.Ag.

Prof. Sugeng berkesempatan untuk membangunkan kembali MOU antara UIN KH Abdurrahman Wahid dengan Universitas Canal Suez Ismailiyah Mesir yang sudah habis masa berlakunya. “Dalam kegiatan kunjungan ini terlebih dahulu saya diberi kesempatan untuk hadir di salah satu ujian tertutup mahasiswa program magister di Universitas Canal Suez Ismailiyah Mesir dan diteruskan diskusi dengan jajaran pengelola kampus”.Ujar Prof. Sugeng.

Ditemui dilokasi acara, Prof  Dr. Hasan Yusuf sebagai Direktur bidang kajian asia tenggara khusus untuk wilayah Indonesia menyatakan bahwa UIN KH Abdurahman Wahid dan Universitas Canal Suez Mesir sudah lama melakukan kerja sama dalam bidang akademik walau sesungguhnya MOU kedua belah pihak masanya sudah berakhir. “Kunjungan yang saat ini dilakukan oleh dekan FTIK UIN KH Abdurrahman Wahid adalah kunjungan balasan karena di awal bulan april 2024 Saya berkunjung ke UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan dalam rangka mengisi seminar untuk mahasiswa program studi bahasa arab di FTIK UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan”, lanjut Prof. Hasan.

Adapun hasil dari MOU tersebut adalah agar kerjasama masing-masing lembaga dapat bertukar informasi dan sumber daya. Perbedaan budaya dan etos kerja antar   dua lembaga akan saling menguatkan pemahaman lintas budaya (cross cultural understanding) yang menguntungkan kedua belah pihak.

Penulis : Nur Iskandar

Last modified on Monday, 03 June 2024 10:00