Thursday, 12 August 2021 19:25

FTIK IAIN Pekalongan Gelar Penyamaan Persepsi (Daring) Penguji UKIN UKMPPG 2021

Written by

Pekalongan (11/8)- Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Pekalongan menggelar refreshment dan penyamaan persepsi secara daring untuk penguji ukin 2021 bagi mahasiswa pendidikan profesi guru (PPG) tahun 2021. Diselenggarakan selama 2 hari, di hari pertama ini dibuka oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Ketua Pelaksana UKMPPG, dan dihadiri oleh Rektor IAIN Pekalongan serta Dekan dan Ketua LPTK FTIK di enam IAIN di Indonesia.

IAIN Pekalongan sebagai salah satu LPTK penyelenggara program PPG Dalam Jabatan (Daljab) angkatan pertama ini menjadi tuan rumah yang dipercaya oleh Kementerian Agama dan bekesempatan didatangi secara langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Agama Islam Kemenag, Profesor Dr. Suyitno, M.Ag.

Ditengah-tengah kesibukan dan kunjungan dinas beliau, Dirjen Pendis Prof. Dr. Suyitno, M.Ag. memberikan sambutan dan memberikan motivasi kepada calon penguji ukin UKMPPG 2021 Batch 6 ini. Beliau mengatakan bahwa profesi guru dan mengajar adalah sebuah ibadah. Menjadi penguji yang profesional, menilai secara adil dan objektif. Memberikan apresiasi terhadap guru PPG yang secara administrasi mereka sudah memiliki pengalaman mengajar selama di sekolah sehingga patut diberikan nilai yang wajar,”ucapnya.

Beliau berharap agar guru-guru tersebut mengikuti penyaman persepsi penguji Ukin Tahun 2021 Batch 6 ini dapat mengikuti dengan baik dan sungguh-sungguh sehingga materi yang diberikan oleh narasumber bisa dikuasai. Selama dua hari ini mengundang narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu Prof Dr. Suryanti, M.Pd., Dr. Subanji, S.Pd., M.Si., dan Prof Dr. Heri Retnawati, S.Pd., M.Pd. serta simulasi cara penilaian Ujian Kinerja (Ukin). Simulasi yang ditampilkan adalah RPP dan video pembelajaran secara daring.

Kegiatan refreshment dan penyamaan persepsi penguji ukin mahasiswa PPG ini digelar secara online atau daring melalui zoom meeting dan diikuti oleh 250 lebih orang guru dan dosen dalam lingkup tujuh LPTK IAIN (IAIN Pekalongan, IAIN Palangkaraya, IAIN Kediri, IAIN Ponorogo, IAIN Curup, IAIN Pontianak, IAIN Gorontalo). Kegiatan ini dimulai hari ini, Rabu 11 Agustus 2021 sejak pukul 08.00 sampai pukul 21.00 WIB. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok menjadi 5 kelas disesuaikan dengan mata pelajaran pengampu yaitu Pendidikan Agama Islam, Pendidkan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI/RA), dan Pendidikan Bahasa Arab. Para peserta diberikan sebuah RPP dan video pembelajaran yang kemudian dinilai. Penilaian ini harus mengikuti indikator-indikator yang telah dipaparkan sebelumnya agar tujuan dari kegiatan ini tercapai yaitu untuk menyamakan persepsi penilaian para penguji.