Monday, 08 August 2022 09:33

Meningkatkan Publikasi Internasional Dosen melalui Lokakarya Penulisan Jurnal Internasional Bereputasi

Written by

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan melaksanakan workshop penulisan artikel jurnal internasional bereputasi pada tanggal 3-4 Agustus 2022. Pada workshop tersebut, para dosen dibersamai oleh narasumber dari IA Scholar, lembaga besutan Prof. Dr. Irwan Abdullah yang berfokus di bidang penulisan jurnal.

Tim IA Scholar memiliki teknik penulisan yang memungkinkan penulis, secara khusus dosen FTIK, menjadi lebih produktif dalam menulis artikel dengan kualitas jurnal internasional bereputasi. Tim IA Scholar memperkenalkan teknik one day one paragraph yang menargetkan penulis akan mampu menyelesaikan 1 buah jurnal setiap bulannya.

Para peserta tidak hanya mendapatkan ilmu baru dalam penulisan jurnal internasional bereputasi, tetapi juga berkesempatan untuk langsung mempraktikkan teknik penulisan yang sudah diajarkan. Ketika materi telah selesai disampaikan, peserta workshop dibagi menjadi beberapa grup yang memiliki tema artikel masing-masing. Tiap-tiap grup diwajibkan untuk merancang kerangka dan langsung mengeksekusi teknik one day one paragraph. Para peserta juga memperoleh pendampingan dari tim IA Scholar selama proses penulisan.

Output acara ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan meningkatkan hasil tulisan dosen FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid yang terpublikasi dalam jurnal bereputasi internasional.