Thursday, 26 November 2020 00:00

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan adakan FGD RIP RENSTRA RENOP

Written by

Sebagai sebuah lembaga yang ingin terus berbenah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan mendakan FGD RIP, RENSTRA, SENOP di Hotel Horison Pekalongan. Acara dilaksanakan pada kamis 26 November 2020 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. FGD menghadirkan dua pembicara dari UIN Maulana Malik Ibrohim Malang yaitu Dr. Sugeng Listyo Prabowo, M. Pd. dan Rosihan Asihuddin, M. A. B. Ke dua pembicara yang dihadirkan merupakan pakar dalam manajemen lembaga. Acara dihadiri oleh pimpinan fakultas, pimpinan jurusan, dan dosen dilingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan.

Tujuan diadakannya FGD RIP, RENSTRA, RENOP adalah untuk membekali pimpinan lembaga baik ditingkat fakultas maupun jurusan agar memahami bagaimana cara menuyusun RIP, RENSTRA, RENOP yang baik. Staf lembaga penjamin mutu UIN Malang bapak Rosihan Asihuddin, M. A. B. dalam pemaparannya menyampaikan bahwa lembaga harus memiliki impian. Impian harusnya dapat terlihat dan terukur. Beliau mencontohkan sebagai lembaga pendidikan tinggi bisa menjadikan Harvard University sebagai impian dalam pengembangan penelitian, dan melihat Al Azhar University sebagai impian dalam tata kelola yang baik. Mimpi-mimpi tersebut dituangkan dalam RIP (Rencana Induk Pengembangan. RIP lanjut beliau bisa mengambarkan impian lembaga lima, sepuluh, lima belas tahun yang akan datang.

Pembica kedua Dr. Sugeng Listyo Prabowo, M. Pd. menyampaikan materi RENSTRA (Rencana Strategis). Di awal sesi beliau menyampaikan pentingnya rencana. Hal-hal strategis harus dicapai dan dituangkan dalam RENSTRA selama lima tahun. Selama acara peserta secara antusias. Banyak peserta yang bertanya dan berdiskusi dengan pembicara.

Acara ditutup dengan doa. Harapannya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan mampu menyusun RIP, RENSTRA, RENOP dengan baik. Sehingga FTIK IAIN Pekalongan terus mencapai kemajuan dan semakin berguna bagi stakeholder.