Sunday, 08 November 2020 00:00

FTIK GELAR FGD SILATURAHMI ORANG TUA/WALI MAHASISWA

Written by

Dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di masa Pandemi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan menyelenggarakan Kegiatan Focus Group Discussion “Silaturahmi Orang Tua/Wali Mahasiswa dengan Civitas Akademika dan Stakeholder. Acara ini di lakukan selama dua hari yaitu pada tanggal 07-08 Nopember 2020 di Gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Lt. 1.

Bapak Wakil Dekan III bapak Dr. H. Abdul Khobir, M.Ag membuka acara ini dan menyampaikan tentang adanya Paguyuban Orang tua Mahasiswa (PAGOMA) sebagai wadah kerjasama antara Institusi dan Stakeholder. Kegiatan FGD dibagi menjadi 4 sesi. Hari pertama terdiri dari dua sesi. Yaitu sesi pertama (pagi) perwakilan orang tua/wali mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan sesi kedua (siang) perwakilan orang tua/wali mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Kemudian hari kedua juga terdiri dari dua sesi. Sesi pertama orang tua/wali mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Sesi Kedua orang tua/wali mahasiswa Jurusan Tadris Matematika dan Jurusan Tadris Bahasa Inggris.

Narasumber pada sesi 1 bapak Dr. H. Salafudin, M.Si menyampaikan tentang visi misi institut dan fakultas serta pembelajaran di masa pandemi. Kemudian narasumber kedua adalah ketua jurusan PAI Bapak H. M. Yasin Abidin, M,Ag menjelaskan tentang peran jurusan dalam pembelajaran selama masa pandemi. Kegiatan-kegiatan kemahasiswaan masih tetap berjalan, baik secara online maupun ofline dengan mengikuti protokol kesehatan. Pada sesi pertama ini dihadiri oleh perwakilan orang tua sebanyak 60 orang dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19. Dalam kegiatan juga dipilih 2 orang wali mahasiswa untuk menjadi pengurus PAGOMA yaitu Ibu Tri Mulyani dan Bapak Sofiudin.

Pada Sesi 2 menghadirkan narasumber Ketua PAGOMA Bapak Imam kholik, S. Ag selaku yang menyampaikan tentang rencana pembangunan masjid Agung IAIN Pekalongan yang insyaallah dimulai tahun 2021. Pembangunan masjid agung adalah swadaya dari masyarakat, civitas akademika, dan orang tua/wali mahasiswa. Kemudian beliau juga menjelaskan tentang peran orang tua dirumah sebagai fasilitator agar selalu mengingatkan jadwal kuliah anaknya. Bapak Ketua Jurusan PBA yaitu bapak Dr. M. Jaeni, M.Ag , M.Pd juga menyampaikan tentang problematika yang dialami mahasiswa jurusan PBA selama perkuliahan. Bapak abdul khobir selaku Wakil Dekan 3 FTIK juga menyampaikan tentang program Kartu Indonesia Pintar untuk mahasiswa yang kurang mampu, Program BTQ, Program Tahfidz, program kajian Kitab Turats yang diselenggarakan oleh Ma’had Aly dan program intensive Bahasa Arab yang diselenggarakan oleh Unit Pusat Bahasa. Kemudian terpilih pengurus PAGOMA Jurusan PBA 2020 adalah Bapak Shodikin dan Ibu Khomidatul Bahiyah

Pada sesi 3 dihadiri oleh Ibu Wakil Dekan 1 FTIK yaitu Ibu Dr. Hj. Sopiah, M.Ag yang menjelaskan tentang kurikulum KKNI yang saat ini digunakan di IAIN Pekalongan. Problematika pembelajaran daring yang dialami oleh mahasiswa membutuhkan kerjasama antara mahasiswa dan Orang tua. Pengarahan ketika mahasiswa memerlukan bantuan akademik juga disampaikan oleh Ibu Hafidzah Ghani selaku Sekretaris Jurusan PGMI. Pembahasan tentang problematika tentang mahasiswa yang masuk bersama tetapi lulusnya berbeda disampaikan oleh Ibu Hj Nur Khasanah, M. Pd. Sekretaris Jurusan PIAUD juga memberikan arahan kepada orang tua agar selalu mengontrol dan menanyakan seputar perkuliahan kepada anaknya. Pada sesi ini terpilih dua orang calon pengurus PAGOMA dari jurusan PGMI pak parjimin dan pak khamid kemudian dari Jurusan PIAUD adalah Ibu Emi dan Ibu Anis.

Pada Sesi ke empat dihadiri oleh Wakil Rektor 3 IAIN Pekalongan yaitu Bapak Moh. Muslih, Ph,D. beliau menjelaskan tentang Visi Misi dan Tagline IAIN Pekalongan yaitu Sprirituality, Nasionality, scientific, dan entrepreneurship. Ibu Dewi Puspitasari, M.Pd Ketua Jurusan Tadris Bahasa Inggris menyampaikan tentang media pembelajaran yang digunakan selama pembelajaran di masa pandemi. kemudian Ibu Juwita Rini, M.Pd selaku Sekretaris Jurusan Tadris Matematika juga menjelaskan tentang keunggulan Jurusan Tadris Matematika IAIN Pekalongan yang membedakan dengan Jurusan Matematika di kampus lain. Terpilih dua perwakilan orang tua dari jurusan Tadris Bahasa Inggris yaitu Bapak Khoiron dan Ibu Nur Jaiti sebagai calon pengurus PAGOMA dan dari Jurusan Tadris Matematika yaitu Bapak Tarjuni dan Ibu Retno Widiawati. Kemudian di akhir sesi ini juga disampaikan tentang Infaq untuk pembangunan masjid Agung IAIN Pekalongan yang disampaikan oleh Bapak Achmad Djaiz.