Thursday, 04 October 2018 00:00

FTIK IAIN Pekalongan melepas 352 Wisudawan

Written by

FTIK - Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Pekalongan yang beralamatkan di Jl. Kusuma Bangsa no.9 Pekalongan terus merajut prestasi. Melalui Ikatan Alumni, FTIK IAIN Pekalongan melepas Wisudawan Wisudawati Sarjana Pendidikan S1 angkatan ke-36. Acara pelepasan wisudawan wisudawati ini diikuti oleh 352 wisudawan wisudawati FTIK beserta pimpinan fakultas dan jurusan, dosen, dan seluruh pengelola administrasi di FTIK. Yang mana acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Biro dan Wakil Rektor 1 IAIN Pekalongan. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 3 Oktober 2018 bertempat di Hotel Horison Jl. Gajah Mada Kota Pekalongan. Awal Septa Rosiawan, selaku ketua panitia mengaku berkat dukungan dari segenap personel panitia dan pemerhati, walaupun persiapan dalam waktu singkat namun acara dapat terlaksana dengan lancar.

WhatsApp Image 2018-10-04 at 10.22.53

Sebagaimana diketahui, bahwa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Pekalongan diresmikan bersamaan dengan Fakultas Syari’ah (FASYA), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) di lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 1 Agustus 2016 melalui Peraturan Presiden (Perpres) No. 73 tahun 2016. FTIK merupakan kesinambungan dari Jurusan Tarbiyah era STAIN Pekalongan yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1997 bersamaan berdirinya 33 STAIN di seluruh Indonesia. Saat ini, Dekan FTIK dinahkodai oleh Bapak Dr. H. M. Sugeng Solehuddin, M.Ag, sementara Wakil I Bidang Akademik dan Kurikulum dijabat oleh Ibu Dr. Hj. Sopiah, M.Ag, Wakil Dekan II Bidang Kepegawaian dan Keuangan dipegang oleh Bapak Dr. H. Salafudin, M.Si sementara Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama dipangku oleh Bapak Abdul Khobir, M.Ag.

WhatsApp Image 2018-10-03 at 10.10.48

Pada kesempatan itu, Dr. H. Sugeng Sholehudin, M.Ag selaku Dekan FTIK dalam Sambutannya memberikan beberapa catatan penting: Jurusan di FTIK IAIN Pekalongan terakreditasi A (Jurusan PAI dan PBA) dan B (Jurusan PGMI dan PIAUD), artinya ada peluang bisa untuk langsung mendaftarkan diri dalam seleksi CPNS periode 2018 kali ini. Dalam bidang sarana dan prasarana sedang dibangun gedung baru Kompleks Kampus 2 IAIN Pekalongan khususnya gedung FTIK di Bojong-Kajen Kabupaten Pekalongan, dalam bidang akademik FTIK akan menampung semua CPNS periode 2018 ini sehingga dapat menambah tenaga pengajar di FTIK khususnya.

Prestasi mahasiswa FTIK baru-baru ini dalam ajang Internasional Pencak Silat tingkat Asia-Eropa, mahasiswa Jurusan PAI atas nama Nur Kholis menyabet medali emas juga Salman H dapat medali perunggu sementara mahasiswa PGMI atas nama M. N. Ardhi mendapat medali perak. Prestasi lain diraih oleh mahasiswa PBA atas nama Umi Khafidhoh dalam lomba puisi Arab menyabet juara 1 tingkat Nasional. Mahasiswi Jurusan PIAUD atas nama Siti Muthofiah juara 1 Cipta Lagu PIAUD tingkat Nasional, juga mendapat juara 1 lomba tari tingkat Nasional oleh mahasiswa Jurusan PIAUD.

FTIK dalam aspek Tata Kelola Administrasi sebagaimana disampaikan Dekan FTIK sudah menggunakan sistem informasi berbasis paperless (tanpa kertas cetak) alias internet, sementara itu dalam bidang kelembagaan sudah Go Internasional melalui kerjasama yang dikomandani oleh Bapak Dr. H. Ubaidi Fatkhuddin, M.A telah menandatangani Memorium of Understanding (MoU) dengan pihak Saudi Arabia dalam hal akses elearning berbasis digital, sehingga seluruh sivitas akademika IAIN Pekalongan khususnya warga FTIK dapat mengakses jurnal Arabic maupun ebook dari berbagi perpustakaan Saudi Arabia secara gratis.

Dalam kesempatan yang sama Pak Dekan berwasiat kepada Wisudawan Wisudawati FTIK ”Hendaklah kalian jadi kupu-kupu, karena kupu-kupu mempunyai beberapa pesan filosofis yang amat mendalam, yaitu (1) melakukan perubahan bentuk dan perubahan penampilan dengan istilah metamorfose, baik fisik maupun non fisik, (2) melakukan perubahan struktur dan status, (3) melakukan perubahan pergerakan – mobile, dengan banyak kreativitas dan inovasi, (4) melakukan perubahan fokus, konsentrasi dan spesifikasi dalam menjalani suatu profesi dan (5) –lanjut wasiat Pak Dekan- Jadilah ummat terbaik sebagaimana termaktub dalam QS. Ali Imran: 110 yang artinya : “kamu adalah sebaik-baik umat yang telah dikeluarkan antara manusia; (karena) kamu menyuruh berbuat yang ma’ruf dan melarang perbuatan yang mungkar serta percaya kepada Allah…”

Pak Muhlisin

Sambutan berikutnya oleh Dr. H. Muhlisin, M.Ag selaku Wakil Rektor 1 IAIN Pekalongan menjelaskan bahwa para wisudawan masih ada kesempatan utk mengikuti pendaftaran CPNS tahun 2018 karena mengingat diundurnya waktu pendaftaran CPNS 2018 sampai tanggal 15 Oktober 2018, karena acara wisuda IAIN Pekalongan akan dilaksanakan tanggal 6 Oktober 2018. Selanjutnya beliau juga berpesan kepada wisudawan IAIN Pekalongan untuk banyak melakukan kajian dan mencari peluang untuk menatap masa depan serta perlu untuk menciptakan peluang dengan ilmu yang dimiliki yang meliputi scientific, spirituality, nationality, dan enterpreneurship. Dan yang terakhir dalam sambutannya dikatakan bahwa harus menjaga nama baik keluarga dan almamater IAIN Pekalongan serta ditutup dengan menyanyikan hymne guru bersama-sama.

WhatsApp Image 2018-10-04 at 10.29.11

Pelepasan Wisudawan Wisudawati FTIK kali ini terdiri atas empat jurusan. Yakni Jurusan PAI melepas 243 mahasiswa, Jurusan PBA 42 mahasiswa, Jurusan PGMI 43 mahasiswa dan Jurusan PIAUD melepas 24, sehingga total wisudawan wisudawati yang dilepas FTIK ke XXXVI sejumlah 352 mahasiswa. Sementara itu, wisudawan terbaik dari Jurusan PAI diraih oleh M. Khoiruzzadi, S.Pd dengan nilai IPK 3,86. wisudawan terbaik dari Jurusan PBA diraih oleh Umi Khafidloh, S.Pd dengan IPK 3,80. wisudawan terbaik dari Jurusan PGMI diraih oleh Indah Kurnia Nilamsari, S.Pd, dengan IPK 3,82 dan wisudawan terbaik dari Jurusan PIAUD diraih oleh Alfiyah, S.Pd dengan nilai IPK 3,90. (gh)