Monday, 19 October 2020 00:00

FTIK Menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan

Written by

Pekalongan – Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pekalongan menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan dengan Tema "Meningkatkan Kinerja Kehumasan Menuju Performance Fakultas yang Unggul", kegiatan ini berlangsung dari jam 08.00 WIB sampai dengan jam 16.00 WIB dan dilaksanakan pada hari Rabu sampai dengan Kamis pada tanggal 14-15 Oktober 2020 yang bertempat di Hotel Dafam Pekalongan Jl. Urip Sumoharjo No. 53 Medono dan dikuti oleh seluruah Tendik dan Dosen FTIK.

Dalam sambutanya, Dekan FTIK IAIN Pekalongan, Dr. H. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag menyampaianya perkembangan dunia teknologi informasi (IT) yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar bisa kepada peradaban manusia, harapan kita semua khususnya tendik dan dosen FTIK selalu siap dan terbuka terhadap perubahan-perubahan yang ada saat ini karena dengan teknologi (IT) kita banyak menerima manfatnya dalam menyelesaikan pekerjaan. Workshop didukung penuh oleh TIM UTIPD IAIN Pekalongan yang dipimpin langsung oleh Kepala UTIPD H. Ahmad Rosyid, S.E., Msi. Akt.


Moderator pada hari pertama dipandu oleh Hj. Ferida Rahmawati, S.E., M.Si dengan Narasumber Yani Parti Astuti, S.Si., M. Kom dari UDINUS Semarang membahas tentang Elearning, materi yang dibahas yaitu Elearning Dosen/Mahasiswa, Pemaparan oleh Nara Sumber dari awal mulai dari membuat mata kuliah, kelas, forum, kuis sampai menampilkan nilai (Download Nilai Akhir), Semua peserta sangat antusias dalam menerima materi Elearning dibuktikan dengan banyaknya peserta yang bertanya perihal kesulitan dan solusi dari permasalahan yang dialami pada saat proses pengunaan Elearning dalam proses belajar mengajar.


Moderator pada hari kedua dipandu oleh H. Ahmad Rosyid, S.E., M.Si.Akt dengan Narasumber Egia Rosi Subhiyakto, M. Kom dari UDINUS Semarang membahas tentang membuat konten media sosial dengan Aplikasi Adobe Spark, Snapseed dan DroidCame, Penggunakan Aplikasi Zoom Premium, Membuat Redaksi berita Website ataupun Cetak, pemateri menjelaskan sambil mempraktikan kegunaan serta fungsi disetiap menu (tool) diaplikasi, pesertapun mengikutinya. Pada materi membuat redaksi berita seluruh peserta diwajibkan membuat redaksi acara hari ini.


Dalam sambutan penutupan yang disampikan Wakil Dekan II H. Salafudin, M.Si. "Semoga dengan adanya Workshop hari ini, para tendik sudah ciamik dalam membuat redaksi berita yang nantinya akan dimuat diwebsite/media cetak, serta mahir dalam membuat tampilan desain website, desain gambar yang akan dipost dimedia sosial dan memahami tentang Elearning baik untuk Dosen ataupun Mahasiswa"


Workshop Pengingkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan ditutup dengan doa. Secara umum, acara Workshop berjalan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.