Monday, 20 June 2022 11:04

The 2nd ICONIE (International Conference on Islam and Education)

Written by

 

Pekalongan - Pada hari Senin dan Selasa, 20-21 Juni 2022 bertempat di Hotel Horison Pekalongan telah diselenggarakan Konferensi tingkat Internasional yang menghadirkan Narasumber dari berbagai belahan di dunia dan Narasumber dari dalam negeri. The 2nd ICONIE (International Conference on Islam and Education) dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Bapak Dr. H. Sugeng Sholehuddin,  M.Ag dan Ketua Pelaksana kegiatan Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Bapak Dr. Muhammad Jaeni, .M.Pd, M.Ag. dalam laporannya menyatakan Kegiatan ilmiah ini diikuti oleh lebih dari 150 presenter dan ratusan peserta dari seluruh daerah di Indonesia, sampai Palu, Banjarmasin, Metro Lampung, Langsa Aceh dan penjuru nusantara. Kegiatan yang mengusung tema "Moderate Islamic Education for Sustainable Development in Plural Society" ini diharapkan dapat menjadi forum diskusi ilmiah di bidang pendidikan islam. Hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan dari SEAMEO CECCEP Bapak Cepri Maulana, M.Pd. dan SEAMEO SEAQIM Bapak Sumardiyono.

Keynote Speaker oleh Rektor Universitas Islam Negeri KH. Abdurahman Wahid Bapak Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag mengungkapkan Tema ICONIE 2022 tepat atau senada dengan program-program pengarusutamaan moderasi beragama dalam mengembangkan cara pandang, sikap, dan praktik wasathiyah, membangun perdamaian, menghargai kemajemukan, menghormati harkat martabat kemanusiaan, menjunjung tinggi keadaban mulia, dan memajukan kehidupan umat manusia.

Rektor UIN KH Abdurahman Wahid, Bapak Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag berharap semua pihak yang terlibat dalam konferensi internasional ini, semua presenter sesi paralel dan peserta dapat berpartisipasi aktif dalam konferensi ini. Kepada panitia penyelenggara juga berharap konferensi ini dapat diadakan secara berkelanjutan setiap tahun.

Narasumber di hari pertama Senin, 20 Juni 2022 Prof. Jajang Jahroni, MA., Ph.D dari UIN Jakarta dan Prof. Dr. Yusuf Hanafi, M.Fil.I. dari Universitas Negeri Malang, Dr. Sue Elliott dari University of New England, Australia, Prof. Frans Wijsen dari Radboud University, Netherland. Narasumber hari berikutnya Selasa, 21 Juni 2022 Prof. Dr. Hj. Aan Hasanah, M.Ed. dari UIN Bandung, Prof. Dr, Syamsul Ma'arif, M.Ag.dari UIN Semarang,  Dr. Hirman Mohamad Khamis dari Institut Ramlah Daing Abdul Kadir, Singapore dan Prof. Wail Ali el-Sayid dari Ain Shams University, Egypt.

(Dekan FTIK UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan)

Kegiatan Pembukaan The 2nd ICONIE (International Conference on Islam and Education) ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Wakil Dekan III Bapak Dr. H. Abdul Khobir, M.Ag.

Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan dan memberikan manfaat untuk seluruh civitas akademika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dan penggiat pendidikan islam pada umumnya.

Link Streaming : Youtube FTIK IAIN Pekalongan

 

Last modified on Wednesday, 22 June 2022 13:31