Thursday, 14 July 2022 09:53

Lagi dan Lagi FTIK UIN Gusdur Mengadakan Kegiatan Forum Group Discussion Zero Droup Out (FGD Zero DO)

Written by

Pada hari Senin tanggal 11 Juli 2022 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid menggelar Forum Group Discussion Zero Droup Out (FGD Zero DO) bertempat di Hotel Horison Pekalongan Jalan Gajahmada Nomor 11.A Kramatsari Pekalongan.

Kegiatan FGD Zero DO dibuka oleh Dekan FTIK IAIN Pekalongan Bapak Dr. H. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag. Menghadirkan Narasumber Ibu Prof. Dr. Sri Sumarni, M.Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Selanjutnya Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kelembagaan sebagai Ketua Penyelenggara dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta kegiatan FGD Zero DO adalah sejumlah 60 peserta yang terdiri dari unsur Pimpinan FTIK, Dosen, Mahasiswa dan Wali Mahasiswa.

Sementara itu dalam pemaparan materi Narasumber Prof. Dr. Sri Sumarni, M.Pd menyapaikan upaya Zero DO di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta antara lain:

  1. Treatment psikologis dengan pendekatan personal yang disesuaikan dengan kebutuhan Mahasiswa injury time;
  2. Dukungan administratif dipermudah;
  3. Dukungan penyelesaian tugas akhir.

Sesi terakhir FGD Zero DO diisi dengan sharing dan tanya jawab. Dalam sesi sharing terungkap bahwa apa yang dilakukan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta juga ternyata sudah dilaksanakan di UIN Abdurrahman Wahid Pekalongan secara rutin, seperti:

  1. Upaya Advokasi Mahasiswa;
  2. Menerbitkan Surat Rekomendasi TOEFL/TOAFL;
  3. FGD dengan Orang Tua/Wali Mahasiswa;
  4. Banding UKT;
  5. Penggantian Dosen Pembimbing.

Kegiatan FGD Zero DO ditutup dengan Doa yang dipimpin oleh Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Arab FTIK UIN Abdurrahman Wahid Pekalongan Bpk. Dr. Ali Burhan, M.A.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PHOTO DOKUMENTASI