Friday, 13 November 2020 00:00

Kegiatan Penyusunan Dokumen Akreditasi Program Studi Berbasis Online

Written by
PEKALONGAN - Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri Pekalongan menyelenggarakan Workshop Penyusunan Dokumen Akreditasi Program Studi Berbasis On Line. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari tepatnya pada hari Kamis dan Jum’at tanggal 12-13 Nopember 2020 di Hotel Horison Pekalongan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Dosen Tetap dan Staf tiap Program Studi di FTIK. Sambutan dari Wakil Dekan II FTIK IAIN Pekalongan, Dr. H. Salafuddin, M.Si sebagai pembuka workshop tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat dibutuhakan karena akreditasi tiap prodi harus dipersiapkan semaksimal mungkin.
Hari pertama dengan narasumber Dr. Helmy Saifuddin, M.Ag., ketua Lembaga Penjaminan Mutu PTKIN, Dosen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berfokus pada pembahasan LKPS dan LED. Berperan sebagai moderator hari pertama yakni Nalim, S.Si., M.Si. Dr. Helmy Saifuddin, M.Ag menyampaikan beberapa hal yang mencakup cara mengisi LKPS maupun LED baik tentang aspek SDM, kurikulum, publikasi ilmiah, 9 kriteria LED, dll. Peserta antusias dalam mengikuti materi tersebut, terlihat dari jumlah peserta yang hadir dan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan.
Hari berikutnya, yakni hari Kamis, 13 Nopember 2020 dimoderatori oleh Aenurofik, M.A. dengan narasumber hari kedua yaitu Dr. As’aril Muhajir, M.Ag. yang merupakan Asessor BAN PT, Dosen IAIN Tulung Agung menyampaikan tentang praktek langsung atau simulasi pengisian LKPS dan LED masing-masing Prodi di FTIK IAIN Pekalongan yang langsung dipandu oleh Narasumber, dan diakhir bisa dipresentasikan langsung tentang hasil kerja pengisian LKPS dan LED. Di akhir sesi, beliau berharap agar menyiapkan mulai dari sekarang diantaranya;
1. LPM segera merapikan mulai dari dokumen mutu, laporan AMI, dan bukti peningkatan kelanjutannya;
2. Melakukan mapping Dosen;
3. Melakukan mapping keberadaan dosen terkait dengan jabatan dosen;
4. Meningkatkan tracer study secara terstruktur;
5. Melakukan evaluasi capaian kinerja.
Kegiatan ini secara resmi ditutup oleh Wakil Dekan II, Dr. H. Salafuddin, M.Si., dan diakhiri doa penutup yang dipimpin oleh Wakil Dekan III yakni Dr. H. Abdul Khobir, M.Ag.