Wednesday, 21 October 2015 00:00

KKL Mahasiswa Prodi PBA Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan ke Jakarta/Bandung

Written by

Sebagai calon seorang guru, mahasiswa harus meningkatkan kualitas dirinya secara terus-menerus melalui usaha pendidikan dan pelatihan, serta menggali pengalaman yang diperoleh dari berbagai lembaga pendidikan yang telah menunjukkan keunggulan dalam mengembangkan profesi guru. Atas landasan tersebut, Prodi PBA Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan mengadakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) sebagai kegiatan pembelajaran untuk menambahkan pengalaman-pengalaman tentang pengelolaan lembaga pendidikan, sehingga mereka dapat belajar secara langsung terhadap lembaga pendidikan yang telah mampu mengelola pendidikan secara unggul dan professional.

KKL ketarbiyahan tahun ini diikuti oleh 104 mahasiswa dengan didampingi 6 dosen pendamping. Mahasiswa sepakat untuk menjadikan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta dan MTs Pondok Pesantren Darunnajah I Jakarta sebagai objek tujuan. LIPIA dijadikan salah satu tujuan KKL tahun ini agar mahasiswa dapat mengambil sistem pembelajaran (intensif) bahasa Arab secara khusus, dan penciptaan bi’ah lughawiyyah (lingkungan berbahasa). LIPIA memberikan respon positif terhadap kunjungan Prodi PBA Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan, termasuk membuka kesempatan kerjasama lembaga serta ijin penggandaan buku-buku terkait dengan pembelajaran bahasa Arab.

MTs Pondok Pesantren Darunnajah I Jakarta menjadi objek tujuan kedua, yang dipilih karena keunggulan sistem pendidikan yang memiliki bi’ah lughawiyyah (lingkungan berbahasa) yang kondusif dan integratif dalam proses pembelajaran. pengalaman pondok yang telah 54 tahun berdiri dengan tujuh belas cabang diseluruh Indonesia, menjadi tambahan pengetahuan terkait tata kelola dan evaluasi lembaga pendidikan yang menjadikan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa pengantar di kelas dan komunikasi sehari-hari.

Sebagai selingan refreshing, Bandung menjadi kota tujuan wisata KKL. Pesona Tangkuban Perahu dengan pesona kawahnya yang menakjubkan menjadi tujuan pertama dan dilanjutkan ke kawasan perbelanjaan yang mengusung konsep alami di Bandung, Cihampelas. Sore harinya, perjalanan transit di masjid raya Bandung sekaligus menikmati rekreasi sejarah di kawasan Asia-Afrika. Harapannya berbagai pengalaman dan hasil observasi menjadi tambahan pengetahuan dan pendukung teori sebagai bekal menjadi pendidik bahasa Arab yang professional, dedikatif dan rahmatan lil alamîn.