Monday, 16 November 2015 00:00

KKL PAI SEMESTER GANJIL 2015/2016

Written by

MAHASISWA PRODI PAI JURUSAN TARBIYAH STAIN PEKALONGAN
MELAKUKAN KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) SEMESTER GANJIL 2015/2016
DI SMP IT ABU BAKAR DAN MAN 01 YOGYAKARTA

 

     Pada hari Rabu tanggal 11 November 2015 mahasiswa program studi PAI jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan melakukan kunjungan ke SMP Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta dan MAN 01 Yogyakarta. Kunjungan tersebut dalam rangka kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) pada semester ganjil 2015/2016. KKL pada semester ini diikuti oleh mahasiswa prodi PAI berjumlah 358 orang. Dari jumlah tersebut lokasi kunjungan dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok 1 dengan lokasi tujuan SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, dan kelompok 2 dengan lokasi tujuan MAN 01 Yogyakarta.
Dasar Pemikiran
     Salah satu dasar pemikiran dilakukannya kegiatan KKL ini adalah bahwa kompetensi utama lulusan mahasiswa Prodi PAI Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan adalah menjadi guru yang profesional. Untuk memiliki kompetensi tersebut, sebagai calon seorang guru, mahasiswa harus meningkatkan kualitas dirinya secara terus-menerus melalui usaha pendidikan dan pelatihan, serta menggali pengalaman yang diperoleh dari berbagai lembaga pendidikan yang telah menunjukkan keunggulan dalam mengembangkan profesi guru.
Di samping itu, mahasiswa lulusan prodi PAI Jurusan Tarbiyah diharapkan dapat menjadi pengelola lembaga pendidikan yang profesional dan unggul. Oleh karena itu, mereka dituntut untuk memiliki berbagai pengalaman tentang pengelolaan lembaga pendidikan, sehingga mereka harus belajar secara langsung terhadap lembaga pendidikan yang telah mampu mengelola pendidikan secara unggul dan profesional.
KKL di SMP Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta
      Lokasi tujuan kelompok 1 adalah SMP IT Abu Bakar yang beralamat di Jalan Veteran Gg Bekisar No. 716 Q Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta. Sekolah yang memiliki visi “Melahirkan generasi muslim yang berpribadi qur’ani, unggul dalam bahasa, ilmu pengetahuan dan teknologi” dijadikan sebagai lokasi KKL prodi PAI karena banyak keunggulan dan prestasi yang sekiranya dapat dijadikan sebagai pengalaman bagi mahasiswa prodi PAI jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan.

SMP IT

Kepala SMP IT Abu Bakar Yogyakarta (Ust. Akhsanul Fuadi, M.Pd.I)
berfoto dengan Kaprodi PAI (H. Salafudin, M.Si.) beserta Dosen Pembimbing
dan perwakilan mahasiswa peserta KKL

SMP IT 2

Mahasiswa peserta KKL prodi PAI antusias mengikuti presentasi
Program dan profil SMP IT Abu Bakar Yogyakarta

KKL di MAN 01 Yogyakarta
    Lokasi tujuan KKL prodi PAI untuk kelompok 2 adalah MAN 01 Yogyakarta. Madrasah yang bervisi “UngguL, ILmiah, Amaliyah, IBAdah dan Bertanggungjawab (ULIL ALBAB), Terwujudnya lulusan Madrasah yang unggul dibidang iman-taqwa (imtaq) dan iptek, berfikir ilmiah, mampu mengamalkan ajaran agama, tekun beribadah, bertanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat dan pelestarian lingkungan” yang beralamat di Jalan C. Simanjuntak No.60, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223, ini dijadikan sebagai lokasi untuk menimba pengalaman bagi mahasiswa prodi PAI jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan.

MAN 1 3 

Dosen pembimbing berpose bersama kepala madrasah
dan staf pengajar MAN 01 Yogyakarta

 

MAN 1

Dosen pembimbing dan mahasiswa peserta KKL mendengarkan presentasi
dari pihak madrasah tentang profil dan keunggulan MAN 01 Yogyakarta

       Kegiatan KKL seperti ini dilakukan oleh prodi PAI jurusan Tarbiyah sebanyak 2 kali dalam satu tahun, yakni pada semester ganjil dan semester genap. Kegiatan KKL ini harapannya dapat dijadikan sebagai sarana bagi mahasiswa kependidikan (PAI) untuk menimba ilmu dan pengalaman dari sekolah atau madrasah yang memiliki keunggulan dan prestasi. Dengan ilmu dan pengalaman yang didapat, mahasiswa dapat mempraktikkannya ketika mereka diberi kesempatan untuk mendidik dan mengelola lembaga pendidikan setelah lulus dari STAIN Pekalongan. 

       Semoga segala usaha kita dalam membentuk generasi bangsa yang berkualitas diberi kemudahan oleh Allah SWT untuk mewujudkannya. Aamiin. (by prodi PAI)