Thursday, 05 November 2015 00:00

KKL PERDANA MAHASISWA PRODI PGMI DI MIN MALANG I DAN SD BSS MALANG

Written by

Dalam rangka meningkatan pengetahuan, wawasan, dan pengalaman mahasiswa tentang pengelolaan pendidikan dan pembelajaran di MI/SD yang sebenarnya di lapangan, prodi PGMI Jurusan Tarbiyah menyelenggarakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) pada tanggal 26 s.d 29 Oktober 2015 dengan tempat tujuan KKL, yaitu MIN Malang 1 dan SD Brawijaya Smart School Malang. 

KKL perdana yang diselenggarakan prodi PGMI ini diikuti oleh 147 mahasiswa PGMI angkatan pertama yang saat ini masih berada di semester V dan didampingi 10 dosen pembimbing. 

Pemilihan MIN 1 Malang dan SD Brawijaya Smart School Malang sebagai tempat tujuan KKL karena kedua sekolah tersebut termasuk lembaga pendidikan dasar di Indonesia yang memiliki keunggulan serta memiliki gambaran sebagai Madrasah/Sekolah yang ideal. 

KKL di SD BSS

Pada jalannya acara KKL tanggal 27 oktober 2015, SD BSS menjadi sekolah pertama yang dikunjungi, Selain menyampaikan materi KKL, pimpinan SD BSS juga memberi kesempatan mahasiswa untuk dialog tentang pengelolaan SD Brawijaya Smart School. SD BSS merupakan sekolah dasar di bawah naungan Universitas Brawijaya (UB) Malang dengan pola pendidikan yang mengintegrasikan aspek kedisiplinan, ketaqwaan, kecerdasan, dan kemandirian secara utuh-menyeluruh. Di SD BSS mahasiswa peserta KKL antusias untuk melakukan pengamatan dan wawancara dengan guru atau pun karyawan dmulai dari kesiswaan, fasilitas, tenaga kependidikan, sistem pengajaran, dll. 

alt 

Foto bersama seusai acara seremonial KKL di SD BSS Malang. 

KKL di MIN Malang I

Tidak jauh beda dengan jalannya acara KKL di sekolah pertama, di MIN Malang I kegiatan KKL diawali dengan pola klasikal. Pimpinan MIN Malang I menyampaikan materi sekaligus membuka dialog dengan mahasiswa tentang manajemen MIN Malang I. Di sela-sela penyampaian materi, pimpinan MIN Malang I juga menampilkan video mengenai profil MIN Malang I sehingga penjelasannya menjadi lebih menarik. Berdasarkan hasil pemaparan pimpinan MIN Malang I itu, diketahui bahwa MIN Malang I memiliki slogan “Tiada Hari Tanpa Prestasi” dan beberapa substansi materi, antara lain: (1) Kepemimpinan Yang Visioner, (2) Sistem Manajemen yang Efektif, (3) Dedikasi Guru yang Tinggi (4) Iklim Belajar yang Positif, (5) Prestasi Akademis & Non Akademis yang Tinggi Pengembangan Akhlakul Karimah, (7) Peningkatan Peran Serta Orang Tua/Masyarakat, dan (8) Pengembangan Jaringan&Kerjasama. Selanjutnya, para peserta pun dipandu dan diajak mengelilingi MIN Malang I untuk mengobservasi dan tanya jawab secara langsung dengan pemandu terkait kegiatan kesiswaan, kondisi sarana dan prasarana MIN Malang I yang sebenarnya.

altalt

Peserta KKL sedang menyaksikan video profil MIN Malang I. 

Setelah mengunjungi ke dua sekolah tersebut, mahasiswa beristirahat di Hotel Batu Wonderland dan dilanjutkan dengan mengunjungi tempat wisata di Batu Night Spektakuler pada malam harinya. Keesokan harinya, perjalanan dilanjutkan dengan wisata di kebun petik apel, dan perjalanan wisata terakhir ditutup dengan mengunjungi Museum Angkut. 

Ketua jurusan Tarbiyah Bapak Dr. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag. menjelaskan bahwa KKL dilaksanakan dengan dua tempat tujuan diharapkan dapat menambah wawasan dan pengalaman baru mahasiswa dalam pengelolaan pendidikan dan pembelajaran MI/SD yang nantinya dapat digunakan sebagai bekal untuk menjadi guru MI/SD. Selesai KKL mahasiswa harus membuat laporan KKL dan mempresentasikan hasil pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan di hadapan dosen pembimbing pada waktu yang telah ditetapkan. Semoga KKL ini menambah ilmu dan pengalaman serta membawa kebaikan untuk mahasiswa peserta KKL, Amin...(mf).

altalt

Penyerahan kenang-kenangan dari Prodi PGMI STAIN Pekalongan kepada Kepala Sekolah SD BSS oleh Kajur Tarbiyah (gambar atas) dan kepada Kepala Madrasan MIN Malang I oleh KTP Prodi PGMI (gambar bawah).