Wednesday, 23 December 2015 00:00

PRODI PGMI GELAR SEMILOKA PENYUSUNAN KURIKULUM

Written by

Pekalongan-Perubahan sosial masyarakat dan perkembangan IPTEKS (ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni) secara terus menerus menuntut perlunya perbaikan sistem pendidikan nasional, termasuk penyempurnaan kurikulum pada program studi di perguruan tinggi untuk mewujudkan lulusan yang mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perubahan. Tak terkecuali, baru-baru ini Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) jurusan tarbiyah STAIN Pekalongan menyelenggarakan acara Semiloka dengan tema “Semiloka Penyusunan Kurikulum PGMI Berbasis Kompetensi Merujuk KKNI” di ruang laboratorium IPA Prodi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan.

Acara semiloka diselenggarakan pada hari selasa dan Rabu tanggal 15-16 Desember 2015 dan dibuka oleh sekretaris jurusan tarbiyah STAIN Pekalongan, Dr. Hj. Sopiah, M. Ag., dilanjutkan sesi pemaparan draf kurikulum berbasis kompetensi merujuk KKNI oleh ketua tim pengelola prodi PGMI, Ely Mufidah, M.S.I serta sesi diskusi I dan II. 

alt

Sekretaris Jurusan Tarbiyah, Dr. Hj. Sopiah, M.Ag. (tengah) sedang membuka acara semiloka didampingi Kaprodi PGMI, Ely Mufidah, M.S.I. (kanan) dan MC, Ningsih Fadhilah (kiri).

Acara ini melibatkan dosen-dosen PGMI serta praktisi pendidikan MI/SD, seperti kepala sekolah/madrasah dan guru-guru MI/SD se-Kota Pekalongan. Keterlibatan kepala sekolah/madrasah dan guru-guru MI/SD pada sesi diskusi I dimaksudkan agar dapat memberikan masukan dan saran terkait dengan profil lulusan dari prodi PGMI STAIN Pekalongan dan hal- hal apa saja yang dibutuhkan di lapangan, yakni di  MI/SD. Sedangkan pada sesi diskusi II dan hari berikutnya, dosen-dosen PGMI secara tim mengkaji dan memetakan struktur kuliah berdasarkan profil lulusan dan learning outcome (capaian pembelajaran) yang telah disepakati pada hari sebelumnya. 

alt

Dosen PGMI dan guru-guru MI/SD sedang mendiskusikan profil lulusan prodi PGMI

Demikianlah, dari acara semiloka tersebut tersusun deskripsi profil lulusan dan capaian pembelajaran serta struktur mata kuliah prodi PGMI berbasis kompetensi merujuk KKNI sehingga pada tahun ajaran 2016/2017 dapat segera diimplementasikan.(mf-84).