Thursday, 22 October 2015 00:00

PROGRESS REPORT PPL PRODI PAI JURUSAN TARBIYAH SEMESTER GANJIL T.A. 2015/2016

Written by

Prodi PAI Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan-Upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan lulusan prodi PAI TAIN Pekalongan dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan Program Pengembangan Kurikulum dan Mutu Akademik yang ditetapkan dalam Rencana Strategis Prodi PAI dan Rencana Strategis STAIN Pekalongan. Salah satu upayanya adalah diselenggarakan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan)/Praktik Mengajar bagi mahasiswa Program Studi PAI yang notabene adalah calon guru PAI di jenjang pendidikan dasar dan menengah. Sebanyak 234 orang mahasiswa praktikan terbagi dalam 23 kelompok dan 23 sekolah/madrasah menjadi tempat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa yang terdiri dari 20 SMP dan 3 MTs di Kota Pekalongan dan sekitarnya.

Pembekalan PPL
Pada hari Kamis, 20 Agustus 2015 dilaksanakan Pembekalan PPL di Auditorium STAIN Pekalongan. Kegiatan pembekalan PPL ini dilaksanakan sebelum mahasiswa melaksanakan kegiatan PPL yang dijadwalkan berlangsung antara tanggal 24 Agustus 2015 s.d. 10 Oktober 2015. Lebih lanjut, pembekalan ini dalam rangka mempersiapkan keseluruhan  kegiatan sejak awal sampai akhir, sehingga proses dan hasil kegiatan PPL lebih efektif dan efisien. Pembekalan dibuka oleh Ketua STAIN Pekalongan dan kegiatan pembekalan disampaikan oleh: 1) Ketua Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan; 2) Kepala DINDIKPORA Kota Pekalongan; 3) Kepala KEMENAG Kota Pekalongan; 4) Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kab. Pekalongan; 5) Kepala KEMENAG Kab. Pekalongan; 6) Dosen Pembimbing Lapangan (DPL); dan 7) Kepala sekolah atau guru pamong.

Penerjunan PPL
Tepat pada hari pertama PPL tanggal 24 Agustus 2015, para mahasiswa/praktikan dilepas secara resmi oleh DPL di sekolah/madrasah tempat praktik. Kegiatan penerjunan dilaksanakan dengan seremonial yang diisi dengan sambutan dan pengarahan dari  DPL serta  Ketua Sekolah/Madrasah yang ditempati.

Pelaksanaan PPL
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai  media untuk membentuk lululsan PAI yang mampu mendesain dan mempraktikkan kurikulum dan pembelajaran PAI serta mampu mendeskripsikan manajemen pembelajaran secara keseluruhan dan juga bisa mengembangkan empat kompetensi guru di sekolah/madrasah, maka pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan diawali dan diaplikasikan dalam bentuk pengamatan terlibat, praktik Praktik Pembelajaran yang Berbasis (KTSP) dan kurikulum 2013 dan kegiatan edukasional lainnya di lembaga sekolah/madrasah. Disela-sela kegiatan PPL dilaksanakan kegiatan monitoring PPl untuk memastikan proses manajaemen kegiatan berjalan efektif.

Penarikan PPL
Setelah 48 hari lamanya mahasiswa praktik mengajar, tiba saatnya pada hari Sabtu tanggal 10 Oktober, mahasiswa praktikan ditarik dari sekolah/madrasah tempat praktik.  Sebagaimana acara penerjunan, acra penarikan dihadiri oleh Dosen Pembimbing lapangan, Kepala Sekolah/Madarasah, Guru Pamong, serta warga sekolah lainnya termasuk siswa.  Secara umum acara penarikan diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci al-Qur’an, sambutan-sambutan, penyampaian pesan kesan dari perwakilan mahasiswa PPL, perwakilan guru pamong, perwakilan siswa.
Dan inilah beberapa kutipan yang sering disampaikan dalam acara penarikan. Pesan pihak sekolah ke mahasiswa PPL “Hal-hal yang tidak sesuai antara teori dan praktik digunakan sebagai pembelajaran bagi mahasiswa-masiswa PPL untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai calon guru. Dan setelah penarikan PPL ini, sesuatu yang baik selalu dibawa dan dikenag, sedangkan yang buruk silakan disimpan sendiri-sendiri dan tidak dipublikasikan. Harapanya, tetaplah saling menjaga komunikasi, jangan sungkan-sungkan menegur jika bertemu di jalan”.
Kesan dan pesan perwakilan mahasiswa PPL: “Kami sampaikan permohonan maaf jika selama di sekolah/madrsah terdapat kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Kami juga ucapankan terima kasih atas kerja sama dan suasana kekeluargaan yang telah terjalin selama pelaksanaan praktik pengalaman lapangan di sekolah/madrasah“.

Yudisium PPL
Yudisium PPL adalah proses akademik yang menyangkut penerapan nilai dan kelulusan mahasiswa dari seluruh proses PPL mahasiswa. Bobot penilaian kegiatan adalah Pembekalan 10%, Praktik Mengajar 80%, Laporan Kegiatan 10%. Penentuan nilai akhir pelaksanaan PPL dilaksanakan dalam suatu rapat yudisium akhir pelaksanaan PPL di Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan tanggal 18 Oktober 2015 (Muchamad Fauyan*).