Tuesday, 02 July 2019 00:00

Sosialisasi dan Pendampingan Sinta dan Morabase FTIK IAIN Pekalongan

Written by

Rabu 26 juli 2019 bertempat di ruang perpustakaan dilaksanakan sosialisasi dan pendampingan sinta dan morabase oleh LP2M kepada dosen FTIK IAIN Pekalongan. Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk meningkatkan produktivitas publikasi karya ilmiah di lingkungan IAIN Pekalongan. Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Dr. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag. selaku dekan FTIK IAIN Pekalongan. Beliau memberikan himbauan kepada seluruh dosen untuk melakukan publikasi ilmiah karena tugas seorang dosen bukan hanya mengajar dalam perkuliahan namun juga sebagai peneliti dan keterlibatannya dalam pengabdian masyarakat.

Dr. Maghfur, M.A. selaku Ketua LP2M, menjelaskan mengenai petunjuk teknis publikasi karya ilmiah bagi para dosen. Beliau juga menegaskan akan pentingnya penelitian bagi dosen karena selain sebagai tenaga pendidik dosen juga mempunyai tugas meneliti dan mengabdi pada masyarakat. Riset dan pengabdian perlu ditingkatkan untuk kepentingan akademik dan masyarakat umum. Sosialisasi dan pendampingan dilanjutkan dengan pembuatan akun sinta serta akun morabase yang dipandu oleh Ahmad Khotim Muzakka, M.A. selaku instruktur.

Antusiasme peserta dalam kegiatan ini dapat dilihat dari semangat mereka mengikuti arahan dari instruktur untuk membuat akun sinta dan morabase. Peserta menyadari akan pentingnya pembuatan akun sinta dan morabase untuk meningkatkan reputasi IAIN Pekalongan dalam bidang penelitian serta untuk jenjang karir sebagai dosen. Dalam hal ini LP2M bersedia memfasilitasi para dosen di lingkungan IAIN Pekalongan yang berminat meningkatkan kualitas dalam bidang penelitian. Setelah kegiatan ini, harapannya para dosen lebih termotivasi untuk meningkatkan jumlah penelitian di IAIN Pekalongan.