Wednesday, 29 April 2015 00:00

Tarbiyah STAIN Pekalongan Juara Umum Tingkat Nasional 2015 di IAIN Sultan Maulana Hasanudin Banten

Written by

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi yang ada di kota Pekalongan. Lembaga ini didirikan untuk mencetak generasi-generasi yang tidak hanya kompeten dalam ilmu-ilmu keagamaan dan berakhlak mulia tetapi juga berusaha melahirkan para sarjana yang mampu mengembangkan ilmu-ilmu tersebut serta terampil pada bidang keahliannya. Seperti diketahui bahwa Tarbiyah adalah salah satu jurusan yang terdapat di dalamnya yang bertugas mencetak para calon guru madrasah dan sekolah. Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan saat ini memiliki empat Prodi, yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), dan Pendidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA). Keempat prodi di atas memiliki peran untuk mencetak calon-calon guru, seperti guru Pendidikan Agama Islam, guru Bahasa Arab, Guru MI, dan guru di Taman Kanak-kanak. Saat ini, jurusan Tarbiyah juga tengah mengajukan dua prodi baru yaitu Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Pendidikan Matematika.

            Sebagai jurusan yang corak keilmuannya bersifat vokasional, sangatlah wajar jika jurusan yang satu ini, memiliki daya tarik tersendiri bagi para calon mahasiswa setiap tahunnya. Hal ini sangat disadari, karena lulusan jurusan Tarbiyah sangat dinantikan di dunia kerja yang ada di masyarakat, misalnya lembaga-lembaga pendidikan seperti madrasah dan sekolah (RA/ TK, MI/SD, MTs/ SMP, MA/ SMA). Sehingga jumlah mahasiswa jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan boleh dikatakan cukup banyak. Namun demikian, tingginya kuantitas mahasiswa Tarbiyah ini tentunya harus dapat diimbangi dengan tingginya kualitas. Sehingga proses serta upaya peningkatan kualitas mahasiswa senantiasa menjadi prioritas jurusan Tarbiyah. Upaya peningkatan kualitas ini tidak hanya dalam bentuk pembelajaran yang dilakukan di kampus tetapi juga dalam bentuk-bentuk kegiatan kompetitif-pedagogis lain di luar kampus. Salah satunya adalah dikutsertakan dalam lomba-lomba, baik di tingkat lokal, regional, maupun nasional. Sebagai hasil kongkrit dari pengembangan kualitas ini, banyak prestasi yang sudah diraih oleh para mahasiswa Tarbiyah STAIN Pekalongan. Pada tahun sebelumnya, mahasiswa Tarbiyah meraih juara I Micro Teaching PAI tingkat nasional yang diselenggarakan di STAIN Purwokerto. Prestasi itu pun berulang. Pekan lalu, Umi Khafidhah Mahasiswa PBA semester 2 meraih juara 2 lomba Qira’ah Syi’ir (baca puisi Bahasa Arab) yang diselenggarakan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Lomba nasional tingkat mahasiswa ini diikuti beberapa perguruan tinggi lain seperti UIN Bandung, UIN Semarang, UIN Malang, UNNES Semarang, IAIN dan beberapa STAIN/ STAI di Indonesia.

Sementara itu, lomba yang sama juga diselenggarakan di IAIN Sultan Maulana hasanudin Banten, dan pada even ini mahasiswa Tarbiyah STAIN dapat memboyong empat piala sekaligus. Nama-nama mahasiwa berprestasi tersebut berikut jenis lombanya adalah; Nur Afifah (PBA/ semester 6) meraih juara 1 Micro Teaching berbahasa Arab; Alfi Fatkhiyah Fitriana (PBA/ semester 6) meraih juara ke-2 dalam jenis lomba yang sama. Kemudian disusul dengan Eli Shofana (PGMI/ semester 4), Dwi Tiara Safitri (PGMI/ semester 4), Lili Hidayati (PGMI/ semester 2), dan Murniyah Sari (PGMI/ semester 2), yang kesemuanya merupakan satu tim yang meraih juara 1 lomba Senam Kreasi Islami. Selanjutnya adalah Khoridah (PAI/ semester 4) yang meraih juara 3 Micro Teaching Pendidikan Agama Islam. Terima kasih juga diucapkan pada para mahasiswa yang ikut lomba lainnya : Roma Sakti Arjanggi (PBA), Khoirul Amri (PBA), Iffah karimah (PBA), Nadiya Imara (PBA), Naela Himami (PBA), Nur Syahid (PBA), M. Fathul Mubin (PBA), M. Ghufron (PAI), Khorida (PAI), Riska Ihsanul Karim (Official BEM), sebelum mahasiswa mengikuti lomba ada upaya pembinaan dan pendampingan mahasiswa yang dilakukan secara intensif, pembinaan dan pendampingan itu dilakukan oleh dosen-dosen prodi terkait seperti H. Salafuddin, M.S.I (Kaprodi PAI), Muhamad Jaeni, M.Pd., M.Ag (Kaprodi PBA), Eli Mufidah, M.Ag (Kaprodi PGMI), Sri Mumun Muniroh, MA, (Kaprodi PGRA), Husna Maulida, M.Ag, Ali Burhan, MA, Muhammad Basith, M.Pd, Muhammad Fauyan, M,Pd, dan Sri widati M.Pd.

Beberapa prestasi di atas merupakah hasil dari upaya peningkatan jurusan Tarbiyah terutama terkait dengan proses pendidikan, sebagai salah satu unsur tri darma perguruan tinggi. Di samping itu, Jurusan Tarbiyah yang saat ini diketuai oleh Dr. M. Sugeng sholehuddin, M.Ag dan Dr . Sopiah, M.Ag sebagai Sekertaris Jurusan Tarbiyah, keduanya memiliki semangat dalam membangun kultur akademik. Hal ini tidak hanya dilakukan di dalam kelas tetapi juga itu dilaksanakan di lingkungan kampus itu sendiri. Dalam waktu dekat, tepat di bulan Mei, Tarbiyah akan melaksanakan agenda besar, yang dinamakan gebyar bulan pendidikan. Pada bulan tersebut semua civitas akademikTarbiyah dari mulai HMPS, HMJ, Prodi hingga Jurusan akan melaksanakan rangkaian kegiatan ilmiah seperti kegiatan lomba-lomba, Seminar-seminar, Workshop Kurikulum KKNI, pelatihan-pelatihan, dan lain sebagainya. Kegiatan ini semua sebagai rangkaian dalam menyambut peringatan “ Hari pendidikan Nasional, 2 Mei 2015.