Saturday, 07 November 2020 00:00

Workshop Penulisan Buku dan Karya Ilmiah di Media Massa bagi Dosen FTIK IAIN Pekalongan

Written by

PEKALONGAN - Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri Pekalongan menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen dengan Tema “ Penulisan Buku dan Karya Ilmiah di Media Massa”. Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis dan Jumat tanggal 5-6 November 2020 di Hotel Horison Pekalongan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Dosen Tetap FTIK.

Sambutan dari Wakil Dekan I FTIK IAIN Pekalongan, Dr. Hj. Sopiah, M.Ag sebagai pembuka workshop tersebut menyampaikan bahwa kompetensi dosen dalam penelitian dan publikasi ilmiah perlu ditingkat.

Hari pertama dengan narasumber Dr. Imam Machali, S.Pd.I., M.Pd., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berfokus pada pelatihan penulisan buku. Berperan sebagai moderator yaitu Dr. H. Salafudin M.Si, Wakil Dekan II FTIK IAIN Pekalongan. Bapak Imam Machali menyampaikan cara menulis yang baik yaitu menulis, menulis, dan menulis. Masing-masing penulis memiliki cara dan waktu tersendiri dalam membangun keinginan untuk menulis. Dalam pemaparannya, Bapak Imam Machali memberikan empat tahap menulis bagi pemula yaitu menulis sesuai dengan minat, susun ide dan kerangka tulisan, kumpulkan referensi, dan cobalah untuk mulai menulis. Semakin sering dan disiplin menulis maka semakin mudah menulis. Peserta antusias dalam mengikuti materi tersebut. Terlihat dari jumlah peserta yang bertanya tentang kesulitan dan masalah yang dialami saat menulis.

Hari berikutnya dipandu oleh Dr. H. Abdul Khobir, M.Ag, Wakil Dekan III FTIK IAIN Pekalongan. Narasumber hari kedua yaitu Ida Nor Layla, S.Ag, Redaktur Pelaksana Jawa Pos Radar Semarang menyampaikan materi penulisan artikel di media massa. Ibu Ida memaparkan tiga kunci sukses dalam menulis artikel yaitu yakin, senang dan kerja keras. Ibu Ida menyampaikan penyajian tulisan dalam artikel haruslah logis, lugas, tuntas,kritis, jelas, padat serta menarik. Selain itu, penulis juga perlu menyesuaikan penyajian tulisan dengan media massa yang ingin dituju sebagai tempat publikasi. Hal ini karena setiap media memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda-beda. Pada kegiatan akhir, peserta diminta untuk menyampaikan hasil tulisan yang telah dibuat, lalu direview bersama.

Kegiatan ini secara resmi ditutup oleh Wakil Dekan I, Dr.Hj. Sopiah, M.Ag. Beliau berharap dosen FTIK mampu menghasilkan lebih banyak karya tulis baik dalam bentuk buku maupun artikel di media massa. Dengan demikian membaca, menulis, dan berkarya dapat membudaya di lingkungan FTIK IAIN Pekalongan. Workshop dapat berjalan dengan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19. (PR)