Wednesday, 20 March 2024 10:43

FTIK Gelar Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Periode 2024

Written by

Pekalongan, 18 Maret 2024 - Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menyelenggarakan Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) secara daring melalui platform Google Meet pada hari Senin, 18 Maret 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 17 calon peneliti yang telah lolos seleksi awal dari total hampir 30 proposal yang diajukan. Para peserta adalah dosen-dosen FTIK dari berbagai program studi yang berkolaborasi dengan mahasiswa. Seminar proposal ini bertujuan untuk memberikan masukan dan saran kepada para calon peneliti dalam menyempurnakan proposal penelitian dan PKM untuk menerima dana bantuan hibah penelitian dan PKM dari Fakultas.

Acara diawali dengan sambutan Wakil Dekan I FTIK UIN Gus Dur, Dr. Muhamad Jaeni, M.Pd., M.Ag. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi atas antusiasme para dosen dan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan ini. Beliau juga menekankan pentingnya kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dalam penelitian dan PKM.

"Saya sangat mengapresiasi antusiasme para dosen dan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan ini. Kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dalam penelitian dan PKM sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, dan diharapkan agar setiap dosen di FTIK yang tidak ada yang tidak melakukan penelitian dalam 1 tahun" kata Dr. Jaeni.

Dr. Jaeni, berharap agar para peserta yang lolos dapat menyelesaikan penelitian dan PKM mereka dengan baik dan menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya harap para peserta yang lolos dapat menyelesaikan penelitian dan PKM mereka dengan baik dan menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat," kata Dr. Jaeni.

Proses seleksi proposal dilakukan secara ketat oleh dua reviewer dari luar kampus yang merupakan salah satu reviewer dari Litapdimas. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan hasil dari seleksi yang adil dan objektif. Kedua Reviewer tersebut adalah, Dr. Azki Muharram, MA dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Dr. Ali Muhtarom, M.S.I dari UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Seminar proposal dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, para peserta mempresentasikan proposal penelitian mereka di hadapan dosen penguji. Dosen penguji kemudian memberikan masukan dan saran untuk perbaikan proposal. Pada sesi kedua, para peserta mengikuti sesi tanya jawab dengan dosen penguji. Sesi ini memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengklarifikasi pertanyaan dan mendapatkan masukan lebih lanjut terkait proposal mereka. 

Berdasarkan hasil seminar proposal ini, 17 proposal akan diseleksi kembali dan hasilnya rencana akan diumumkan tanggal 25 Maret 2024nanti. Para peserta nantinya dinyatakan lolos akan mendapatkan dana penelitian dan PKM dari Fakultas.

Last modified on Wednesday, 20 March 2024 11:37