Friday, 08 March 2024 09:05

Tutup Assesment Lapangan, Dekan FTIK UIN Gus Dur Ucapkan Terima Kasih Kepada Asesor

Written by

Pekalongan (07/03) - Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) telah melaksanakan kegiatan asesmen lapangan di Program Studi Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur)  pada Kamis 7 Maret 2024. Hari kedua asesmen lapangan, berbagai observasi dilakukan di ruang kelas, dilanjutkan dengan pemeriksaan sarana dan prasarana.

Sejak dimulainya asesmen lapangan ini, kedua asesor telah berkomitmen untuk memastikan standar kualitas dan kesesuaian proses pembelajaran di Prodi Tadris Bahasa Inggris UIN Gus Dur Pekalongan. Para pemeriksa yang tergabung dalam tim asesor LAMDIK terdiri dari Dr. Meinarni Susilowati, M.Ed. dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Dr. Rusdiana Junaid, Gradipl. TESOL, M.Hum., M.A. dari Universitas Cokroaminoto Palopo.

Hari kedua kegiatan asesmen lapangan dimulai dengan observasi langsung di ruang kelas. Tim asesor secara cermat mengamati dinamika pembelajaran yang terjadi, meliputi metode pengajaran yang digunakan, interaksi antara dosen dan mahasiswa, serta ketersediaan dan penggunaan materi pembelajaran yang relevan.

Selanjutnya, tim asesor juga melaksanakan pemeriksaan terhadap sarana dan prasarana yang ada di Prodi Tadris Bahasa Inggris. Mereka memeriksa ketersediaan fasilitas yang mendukung pembelajaran, termasuk ruang kelas, laboratorium, dan fasilitas lainnya. Pemeriksaan ini dilakukan guna memastikan bahwa semua sarana yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran telah tersedia dengan baik dan memenuhi standar yang ditetapkan. Sesuai jadwal, kegiatan asesmen hari kedua akan ditutup dengan sesi penutupan yang berlangsung pada sore hari.

Dekan FTIK UIN Gus Dur Pekalongan, Prof. Dr. H. M. Sugeng Solehuddin, M.Ag. mengucapkan terima kasih kepada tim asesor atas kerja keras mereka dalam melaksanakan proses asesmen ini. “Saya atas nama Dekan FTIK mengucapkan terima kasih kepada tim asesor, harapannya agar hasil asesmen ini dapat menjadi pemantik untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Prodi Tadris Bahasa Inggris UIN Gus Dur Pekalongan”, ucapnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Tadris Bahasa Inggris, A. Burhanuddin, M.A menyambut baik kehadiran tim asesor LAMDIK dan berharap nantinya hasil asesmen dapat menjadi masukan berharga bagi pengembangan program studi di masa yang akan datang. Ia juga menekankan komitmen Prodi Bahasa Inggris untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan yang terbaik bagi mahasiswa.

 

Penulis : Nur Iskandar 

Last modified on Friday, 08 March 2024 09:32