Monday, 26 June 2023 13:41

Siapkan Student and Lecture Mobility, FTIK Lakukan Pembekalan Program Student And Lecture Mobility PPL-KKN Integratif Internasional Bersama SEAMEO SEAMOLEC

Written by

FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan akan mengadakan kegiatan Student and Lecture Mobility, sebuah kegiatan PPL-KKN Integratif Internasional di Malaysia. Untuk itu, FTIK mengadakan kegiatan pembekalan pada tanggal 26 Juni 2023. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Dekan FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Dr. H. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag. Dalam pembekalan tersebut, Dekan FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang berhasil lolos menjadi peserta kegiatan Student and Lecture Mobility. Harapannya, mahasiswa dapat mempraktikkan apa yang dipelajari di kampus saat kegiatan serta dapat mencari pengalaman sebaik-baiknya disana. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi akreditasi.

Sebagai persiapan kegiatan tersebut, FTIK mengadakan pembekalan Student and Lecture Mobility bersama Dr. Ali Imron dari SEAMEO SEAMOLEC. Dalam pembekalan tersebut, Bapak Dr. Ali Imron mengungkapkan bahwa mahasiswa peserta Student and Lecture Mobility harus menyatu dengan kehidupan di tempat kegiatan agar para siswa yang diajar nanti tidak menganggap mahasiswa --yang bertindak sebagai guru magang-- sebagai orang asing. Selain itu, mahasiswa harus siap dengan kondisi terburuk disana. Selanjutnya Bapak Dr. Ali Imron memberikan materi mengenai pembuatan blog. Blog ini akan digunakan sebagai media laporan progress kegiatan setiap mahasiswa. Dengan adanya blog ini, kegiatan mahasiswa dapat terlihat secara berkala.

Selain materi dari Dr. Ai Imron dari SEAMEO SEAMOLEC, pembekalan ini juga dibersamai oleh Ketua LP2M UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Prof. Dr. H. Imam Kanafi, M.Ag. Beliau menyatakan bahwa “Puncak ilmu itu ada pada amaliah di masyarakat”. Pengabdian kepada masyarakat itu mengacu kepada Firman Allah surat Ali Imron 110.  Oleh karena itu mahasiswa tidak boleh minder, rendah diri di hadapan orang lain. Mahasiswa harus memiliki kepekaan masyarakat terkait kesehatan, kemanusiaan, dan kebahagiaan, serta menyingkirkan kemungkaran.

 

Last modified on Tuesday, 27 June 2023 11:55