Friday, 18 August 2023 15:33

Sosialisasi Pembelajaran "Menyiapkan Mahasiswa FTIK yang Unggul dan Moderat dalam Bingkai Kampus Merdeka

Written by Dicky

Sosialisasi Pembelajaran Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan diselenggarakan pada tanggal 14 dan 16 Agustus 2023 secara meriah, hal ini dikarenakan total mahasiswa baru FTIK tahun ini mencapai 1003 mahasiswa baru yang tersebar di 7 Prodi ( PAI, PBA, PGMI, TMAT, TBIG, PIAUD, TBINDO).

Acara tidak dimulai secara formal dan tidak ada pembukaan acara, akan tetapi di sela-sela acara diisi dengan sambutan dari Bapak Dekan FTIK Dr. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag. yang berkeliling di tiap-tiap ruangan tempat diselenggarakannya SosPem, total 9 ruangan. Dan dari sambutan beliau menyapa dan memotivasi mahasiswa baru agar tetap semangat dan bisa selesai tepat waktu 3,5 sampai 4 tahun, beliau juga mengingatkan kepada mahasiswa untuk menjaga keselamatan saat berkendara di jalan raya, tidak kebut-kebutan. Tidak lupa beliau juga menyampaikan kepada mahasiswa baru mengenai isu yang sedang viral yaitu jangan sampai terpengaruh adanya informasi yang kurang baik yang dapat mengarahkan ke hal-hal negatif.

Untuk SosPem kali ini ada beberapa hal baru, salah satunya adalah adanya  mahasiswa baru dari Program Studi Tadris Bahasa Indonesia.

Acara inti dari SosPem ini adalah materi-materi yang diberikan dari Narasumber yang berasal dari Pemateri Luar dan Dosen Pemangku Jabatan Wakil Dekan I, II, dan 3, Kaprodi dan Sekprodi, serta UPM dan GPM. Materi-materi yang diberikan meliputi :
1. Moderasi Beragama dalam Bingkai Merdeka Belajar, Cara pandang, sikap dan perilaku selalu mengambil posisi di tengah-tengah, selalu bertindak Adil, Berimbang, dan Tidak Ekstrem dalam praktik beragama
2. Implementasi Kurikulum Merdeka, Bagaimana kurikulum merdeka itu, dan bagaimana cara menerapkannya.
3. Pengenalan FTIK dan Prodi dari setiap stakeholder yang terlibat di dalam FTIK itu sendiri, sampai pengenalan prodi.
4. Strategi Sukses Belajar di Perguruan Tinggi dengan Model Sistem SKS, Mengenai strategi-strategi dalam pembelajaran.
5. Etika Mahasiswa di Perguruan Tinggi, Supaya mahasiswa dapat berperilaku yang baik dan tidak mengganggu masyarakat

 

       

Last modified on Friday, 18 August 2023 16:19