Monday, 04 December 2023 16:23

Jalin Komunikasi dan Sinergi dengan Wali Mahasiswa, FTIK Adakan FGD Orang Tua Mahasiswa

Written by

(Ahad, 3/12/23), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion Orang Tua Mahasiswa dengan tema “Membangun Sinergi antara Orang Tua Mahasiswa dan Lembaga untuk Mencapai Kesuksesan”. Kegiatan FGD diselenggarakan di Lobby Lantai 1 Gedung FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Kegiatan ini dihadiri oleh para pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan meliputi Wakil Dekan I, II, dan III, Bapak/Ibu Ketua dan Sekretaris Program Studi, serta Orang Tua Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan angkatan 2023. Acara tersebut dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh Mahasiswa PAI Semester 3, Muhammad Bhahauddin Thoriq. Acara berikutnya dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang dalam hal ini disampaikan oleh WD I, Dr. Muhamad Jaeni, M.Pd., M.Ag, WD II Dr. Hj. Sopiah, M.Ag, dan Wakil Dekan III Dr. H. Abdul Khobir, M.Ag. Sambutan pertama sekaligus membuka acara FGD Orang Tua Mahasiswa FTIK dari Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. Muhamad Jaeni, M.Pd., M.Ag.  Beliau menyampaikan terima kasih kepada para peserta FGD Orang Tua atas kehadirannya dalam acara tersebut. Lebih jauh lagi, beliau menginformasikan tentang akreditasi beberapa Program Studi di FTIK serta Informasi tentang beberapa Program Akademik yakni PPL dan KKN terintegrasi di Malaysia, Program ke Jepang dan kursus Bahasa Inggris di Pare. Sambutan kedua disampaikan oleh Wakil Dekan II, Dr. Hj. Sopiah, M.Ag. Beliau menerangkan tentang Sarana dan Prasarana yang ada di FTIK, penjelasan Beasiswa yang ada di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, baik yang bersumber dari internal maupun eksternal serta tata cara Banding UKT. Kemudian sambutan terakhir oleh Wakil Dekan III FTIK, Dr. H. Abdul Khobir, M.Ag. Beliau menjelaskan tentang kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang berada di lingkup FTIK maupun di tingkat Univesitas, selain itu, beliau juga menginformasikan kepada Orang Tua Mahasiswa bahwa jika ada kegiatan mahasiswa yang dilaksanakan di luar kampus, maka pihak kampus mewajibkan kepada para mahasiswa untuk meminta izin kepada orang tua. 

Setelah sambutan dari para Wakil Dekan, acara dilanjutkan dengan FGD antara Orang Tua Mahasiswa Bersama dengan para Wakil Dekan mengenai segala hal yang berkaitan dengan kegiatan mahasiswa serta hak dan kewajiban mahasiswa selama studi di FTIK UIN Gusdur. Beberapa diantaranya dari Wali Mahasiswa bernama Slamet Puji Utami yang menanyakan perihal bagaimana tata cara pengajuan beasiswa dan pendaftaran PPG untuk mahasiswa yang sudah lulus S1 ke depannya. Selain itu beliau juga berharap agar pihak kampus membentuk Grup Whatsapp sebagai sarana komunikasi yang baik antara Wali Mahasiswa dan pihak FTIK. Dari beberapa pertanyaan dan masukan dari wali mahasiswa diterima dengan baik oleh Wakil Dekan I, II, dan III.

Memasuki acara inti, adalah penyampaian materi yang disampaikan oleh Narasumber diantaranya Bapak Rotib Muntaqo, M.Pd dan Ibu Kurnia Hidayati, S. Pd. Acara ini sendiri dipandu oleh moderator Bapak Khadiq Akrom Hasani, S.Pd. Narasumber I, Bapak Rotib Muntaqo, M.Pd menyampaikan beberapa pesan kepada para Wali Mahasiswa dalam menyekolahkan putra/putrinya di Perguruan Tinggi. Diantaranya mengenai tugas orang tua adalah tolabul ilmi mendidik anaknya secara utuh, orang tua juga harus bisa menjadi teladan bagi anaknya dan dalam prosesnya orang tua butuh proses kesabaran dan terkait bagaimana hubungan kampus dengan wali mahasiswa, dimulai dengan  memperkenalkan tentang lembaga dan pejabat di dalam nya serta fungsi lembaga tersebut. Beliau juga memaparkan tentang pentingnya Sinergi antara Universitas, Orang Tua, dan Lingkungan Masyarakat dalam membentuk karakter serta mencapai kesuksesan.

Narasumber Kedua Ibu Kurnia Hidayati, S.Pd menyampaikan tentang  Pentingnya kegiatan FGD Orang Tua/Wali sebagai upaya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan untuk memahami dan menawarkan pemecahan permasalahan yang seringkali dihadapi oleh mahasiswa dan membangun Sinergi antara Orang tua dan Lembaga. Selain itu, beliau juga menyampaikan tentang konsep pembelajaran “tringa” (Ngerti, ngrasa, nglakoni) yang digagas oleh Ki Hajar Dewantara. Diskusi berjalan dengan menarik dan efektif karena narasumber mengajak peserta diskusi berdialog secara aktif. Dari acara ini diharapkan, akan terjalin komunikasi yang baik antara Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dan Orang Tua Mahasiswa, sehingga hal tersebut akan menciptakan kekuatan sebagai jalan untuk mengantarkan para lulusan mencapai kesuksesan ke depannya.

 

Kontributor : Syarifatunnadia

Editor : Dimas Setiaji Prabowo

Last modified on Tuesday, 05 December 2023 09:25