Thursday, 16 November 2023 15:36

Sosialisasi Program kerja sama FTIK UIN Gus Dur dengan Daegu Catholic University Korea

Written by

Daegu, Korea 16 November 2023. Dalam upaya memperkuat kerja sama di tingkat internasional, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, dan Daegu Catholic University dari Korea Selatan, menggelar sosialisasi program kerja sama yang bertujuan untuk membangun hubungan harmonis antara kedua Universitas serta meningkatkan kolaborasi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, serta mensosialisasikan program-program FTIK di tingkat internasional,

seperti program konferensi ilmiah (ICONIE, SEMAI Prodi PGMI, SANTIKA Prodi TMAT), program Zero D.O, Research Hour Event, International Visiting Lecturer, dan program PPL-KKN Internasional Integratif. Delegasi yang mewakili FTIK UIN Gus Dur antara lain: Rektor UIN Gus Dur, Zaenal Mustakim; Dekan FTIK, Moh. Sugeng Solehuddin; Wadek bidang akademik dan kelembagaan FTIK, Muhamad Jaeni; Wadek bidang Administrasi umum, perencanaan dan keuangan FTIK, Sopiah; Wadek bidang kemahasiswaan dan Kerjasama FTIK, Abdul Khobir; dan Kepala Pusat Layanan Internasional, Isriani Hardini. Sedangkan dari Daegu Catholic University dihadiri oleh President of DCU, Dr. Seong Han Gee dan Vice President of DCU, Dr. Yon Jong In serta dari perwakilan International Office DCU.

Rektor UIN Gus Dur Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., menyebut kunjungan ke Daegu Catholic University sebagai salah satu  langkah dalam mensosialisasikan kerja sama antar Universitas di taraf Internasional. Diharapkan melalui program ini, UIN Gus Dur dan DCU dapat berkolaborasi dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian. Dari pertemuan ini, Rektor UIN GusDur menyampaikan ingin melakukan beberapa program kerja sama dengan DCU antara lain yaitu program short course untuk dosen, pegawai, dan mahasiswa; melakukan penelitian bersama (joint research), pengembangan jurnal, seminar internasional, dan mengadakan program kursus Bahasa Korea yang bekerja sama dengan King Sejong Institute Jakarta.

Salah satu poin utama dalam kerja sama ini adalah pertukaran mahasiswa atau sering disebut dengan student mobility program antara kedua Universitas. Mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengikuti program pertukaran, mengambil mata kuliah di universitas mitra bertaraf internasional, dan terlibat dalam proyek penelitian bersama. Selain itu, Delegasi dari FTIK UIN Gusdur juga berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan tenaga pendidik dan staf Daegu Catholic University. Pertemuan dengan pihak Daegu Catholic University diharapkan juga dapat menjadi lokasi PPL-KKN Internasional Integratif dari FTIK, yang mana program tersebut telah dilaksanakan sebelumnya di Penang, Malaysia. Program PPL-KKN Internasional Integratif antara FTIK dan DCU Korea bertujuan untuk menjadi wadah bagi mahasiswa prodi-prodi yang ada di FTIK untuk mengembangkan diri mereka secara holistik sambil memberikan dampak positif yang nyata kepada masyarakat dan lingkungan internasional di negara Korea nantinya.

Tindak lanjut dari pertemuan ini adalah akan dilakukan dengan penandatanganan MoU antara UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dengan Daegu Catholic University yang diperkirakan akan dilaksanakan akhir tahun 2023 atau awal tahun 2024. Selanjutnya pertemuan ini diakhiri dengan pemberian cinderamata dari kedua universitas, makan siang bersama, dan campus tour. Harapannya, melalui kolaborasi ini, FTIK UIN Gus Dur dan Daegu Catholic University dapat menjadi contoh bagi universitas-universitas lain dalam mengembangkan kerja sama dalam bidang pendidikan. Penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Semoga sosialisasi kerja sama ini dapat membawa dampak positif tidak hanya bagi kedua Universitas tetapi juga untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan dalam konteks pendidikan dan budaya.

 

Reporter: Isriani Hardini dan Akhmad Aufa Syukron

Editor: Akhmad Aufa Syukron

Redaktur: Tim Kominfo FTIK UIN Gusdur Pekalongan