Tuesday, 29 August 2023 07:45

Lagi, 2 Mahasiswa FTIK UIN Gusdur Mengikuti Program Kisma (Kalijaga International Student Mobility Awards) di Negara-Negara Asean

Written by

Kegiatan Kalijaga International Student Mobility Program (KISMA) dilaksanakan bersama Universitas, Fakultas, dan Institusi terafiliasi dalam Konsorsium Pendidikan Islam, Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Asia Tenggara PTKIN/S se-Indonesia, dibawah koordinator  FITK UIN Sunan Kalijaga. Kegiatan yang dilaksanakan adalah mengunjungi beberapa perguruan tinggi di negara-negara Asean diantaranya Singapura, Malaysia, dan Thailand. Peguruan Tinggi tersebut diantaranya, National University of Singapore (NUS), University of Malaya, dan Prince Songkhla University, Thailand (PSU).

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih sekitar 30 peserta program sarjana dan pascasarjana dari kampus yang berbeda, namun semuanya dari Fakultas Keguruan. Pada tanggal 7 Agustus 2023 peserta mulai tiba di Malaysia. Universitas pertama yang di kunjungi adalah National University of Singapore (NUS) pada tanggal 8 Agustus 2023. Di kampus ini delegasi melakukan campus tour untuk melihat seluruh fasilitas yang ada di NUS. Di hari berikutnya, 9 Agustus 2023 rombongan melanjutkan perjalanan ke University of Malaya di Malaysia. Kegiatan di kampus ini adalah melakukan presentasi artikel yang telah dibuat oleh delegasi terpilih. Ada beberapa delegasi yang melakukan presentasi di University Malaya dengan menyajikan tema yang berbeda-beda, namun masih seputar pendidikan. Dari UIN K.H. Abdurrahman Wahid sendiri di wakili oleh dua mahasiswa yang melakukan presentasi yaitu Lailatuz Zahra, mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang menyampaikan tema: “Ethnomathematics Exploration of the Snake and Ladder Game on Mathematics Learning”. Kemudian berikutnya, ada Linda Rahmanita dari Program Studi Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan juga mempresentasikan karyanya yang berjudul : "Learning English through a "Jaksel" Accent as a Motivational Booster for Teenagers".  

 

Selanjutnya pada tanggal 11 Agustus 2023 delegasi melakukan visit ke Prince of Songkhla University untuk melaksanakan Studi Banding dengan Fakultas Sains, yang kemudian melanjutkan kembali ke Thaksin University untuk melakukan presentasi terakhir dengan 3 delegasi terpilih. Seluruh kegiatan KISMA ini berakhir pada tanggal 12 Agustus 2023, seluruh peserta sudah sampai di Jakarta dan kembali ke kediaman masing-masing.

Penulis : Dr. H. Abdul Khobir, M.Ag

Editor : Dimas Setiaji Prabowo

Last modified on Tuesday, 05 September 2023 11:02