Monday, 28 August 2023 11:35

Monitoring dan Evaluasi Program Student and Lecturer Mobility PPL dan KKN Integratif Internasional di Penang Malaysia

Written by

 Program PPL dan KKN Integratif internasional yang dilaksanakan di Penang Malaysia tidak terasa sudah akan berakhir. Oleh sebab itu, diperlukan rapat evaluasi dan persiapan pelepasan Program Student and Lecture Mobility PPL dan KKN Integratif Internasional di Penang Malaysia. Dalam sambutan dan arahannya Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid  Pekalongan, Dr. H. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag. menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT karena program  Student and Lecture Mobility PPL dan KKN Integratif Internasional di Penang Malaysia berjalan dengan lancar.

FTIK sebagai fakultas besar dapat menjadi pioner dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat besar dan internasional.  Ada 12 duta mahasiswa yang melaksanakan program ini yang diharapkan bisa menjadi inspirasi dan corong bagi para mahasiswa FTIK dalam melaksanakan program PPL dan KKN integratif internasional. Di masa yang akan datang PPL dan KKN internasional diharapkan  tidak hanya dilaksanakan di Malaysia, tetapi bisa dikembangkan lebih lanjut di negara lain, seperti misalnya; Thailand, Philipina dan Arab Saudi.

Ke depan, sebagai upaya peningkatan reputasi dan layanan kepada mahasiswa FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, FTIK bisa meningkatkan fasilitas yang diterima oleh mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan internasional, sehingga mereka tidak hanya mendapatkan dukungan berupa pembiayaan transportasi saja, akan tetapi pembiayaan lainnya yang dapat mendukung program-program dan kreativitas mahasiswa. Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya bagi mahasiswa yang mengikuti program Student and Lecture Mobility PPL dan KKN internasional yang mampu melakukan tugas dengan kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas.

Selain itu, dari pihak mahasiswa peserta Student and Lecture Mobility PPL dan KKN internasional yang diwakili oleh Alimin menyatakan, “Saya mewakili  mahasiswa peserta Student and Lecture Mobility PPL dan KKN internasional Penang Malaysia sangat berterimakasih kepada para pimpinan FTIK atas kesempatan yang telah diberikan kepada kami, menimba pengalaman yang sangat berharga ini.” Kegiatan Student and Lecture Mobility PPL dan KKN internasional difokuskan di sekolah kebangsaan dan Sekolah Menengah Bukit Gambir. Program-program kegiatan yang dilaksanakan selain program mengajar, mahasiswa juga melaksanakan pengabdian dengan ikut membantu menyemarakkan kegiatan kemerdekaan Malaysia, pentas seni, merenta desa (lari maraton) dan lain sebagainya. Dalam pelaksanaanya, mahasiswa bisa melaksanakan program dan kegiatan dengan baik dibawah bimbingan para guru di sekolah tersebut.

Pada kesempatan yang lain, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2023, mereka juga melaksanakan Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 di KJRI Penang Malaysia.

Upacara Kemerdekaan RI di KJRI Penang Malaysia Mahasiswa Student and Lecturer Mobility

Pada akhir kegiatan, mereka akan menyiapkan laporan dan sekaligus mempresentasikan laporan kegiatan PPL dan KKN internasional kepada pihak  Seameo Recsam Penang Malaysia sebagai mitra kerja FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

 

Penulis : Dr. H. Abdul Khobir, M.Ag

Editor : Dimas Setiaji Prabowo

Last modified on Monday, 28 August 2023 16:14